Sabtu, 13 April 2013

GERAK LURUS

Balapan motor Drag yang saya tonton di track di kota asal saya mengingatkan pada bahasan dosen fisika mengenai gerak lurus. Tapi apakah benar balap Drag ini adalah contoh aplikasi Gerak lurus. Yuk kita bahas mengenai gerak lurus yang menjadi bahan presentasi saya di pertemuan kedua kuliah.

Gerak lurus adalah gerak suatu benda atau objek pada lintasan garis lurus. atau sering kita sebut ini benda mengalami transisi atau perpindahan. Nah, sering kita salah mengartikan antara perpindahan dengan Jarak. Dimana Perpindahan merupakan transisi dari titik satu ke titik lainnya pada lintasan. Sedangkan Jarak adalah Total atau keseluruhan jarak yang di tempuh pada saat benda tersebut bergerak.

Pembahasan pada gerak lurus ini meliputi jarak, perpindahan, kecepatan, percepatan, Gerak lurus beraturan dan Gerak Lurus Berubah Beraturan. Bahas satu-satu yuk.

Perpindahan dan jarak sudah dijelaskan sebelumnya, maka bisa di lihat pada gambar berikut :






dari gambar di atas perpindahan terjadi dari titik A ke titik B, sedang kan jarak adalah panjang lintasan dari A ke B kemudian kembali lagi ke A.

Berikutnya, Kecepatan adalah Perpindahan kedudukan benda dari titik awal ke titik akhir (dX) di bagi dengan waktu jarak tempuh. Kecepatan adalah besaran Vektor dimana kecepatan mempunyai arah dan nilai. Total perpindahan (dX) atau Kecepatan rata-rata dapat di analogikan sebagai gambar berikut :
 
 V=Rata-rata garis yang menghubungkan X1 dan X2.

atau bisa di rumuskan sebagai berikut :

atau di rumuskan juga seperti berikut ini :


Berikutnya Kecepatan sesaat atau sering kita kenal dengan percepatan. kecepatan rata-rata apabila selang waktu mendekati nol. maka bisa di tuliskan pada turunan matematika sebagai berikut :

maka kecepatan bisa di rumuskan sebagai berikut :


dimana : V = adalah simbol kecepatan (m/s)
              X = Jarak total yang di tempuh (m)
              t = waktu yang diperlukan (detik atau sekon)

karena ada keperluan mendadak untuk bahasan percepatan, GLB dan GLBB, saya post kan di next. Semoga pembahasan yang sederhana ini bisa membantu bagi sobat yang sama-sama sedang belajar seperti saya.
terima kasih.


Sumber :
http://www.wikipedia.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar